//start js analytic //end js analytic

Hentikan kerja memori spooler printer bandel

Metode ini banyak berhasil di windows XP, namun metode ini sedikit lebih kompleks dan memerlukan usaha yang lebih dibandingkan metode lain, tetapi jangan khawatir. Metode ini dapat dijalankan asalkan mengikuti tahap demi tahapnya.

Pertama, jika Anda tidak tahu bagaimana cara kerja pencetakan, maka akan dijelaskan. Pekerjaan pencetakan dikirim ke printer sebagai file yang telah disimpan di memori. Artinya file diletakkan di lokasi sementara sehingga printer dapat mengakses antrian pencetakan dan pekerjaan pencetakan sesuai dengan kecepatannya. Jika Anda menghentikan gelondong dan filenya, sebenarnya, Anda juga membatalkan pencetakan dan juga menghapus pekerjaan pencetakan.

Catatan Untuk menggunakan metode ini, Anda harus berstatus sebagai Administrator Komputer. Jika Anda menggunakan printer milik pribadi, Anda tentu saja memiliki status sebagai Administrator Komputer. Jika Anda mencetak ke printer yang digunakan bersama, Anda harus meminta administrator sistem untuk membatalkan pekerjaan pencetakan Anda.

Langkah 1: Jalankan Notepad

Untuk menghentikan perintah dan filenya, kami akan memandu Anda membuat dan menjalankan file skrip yang secara otomatis akan menghentikan layanan. Sepertinya sulit, tetapi sebenarnya tidak. Cukup ikuti langkah berikut ini dengan seksama.

  1. Klik Mulai menjalankan, dan kemudian klik Jalankan.
  2. Pada kotak Buka, ketik notepad, dan kemudian klik OK. Perhatikan bahwa dokumen Notepad kosong membuka.

Langkah 2: Salin skrip perintah ke Notepad

Sekarang salinlah dan tempel(paste) beberapa perintah ke dokumen Notepad.

  1. Pilih (sorot) semua teks berikut dengan hati-hati:
    net stop spooler
    del %systemroot%\system32\spool\printers\*.shd
    del %systemroot%\system32\spool\printers\*.spl
    net start spooler
  2. Klik kanan teks yang dipilih, dan kemudian klik Salin.
  3. Dalam Notepad, klik kanan dokumen kosong, kemudian klik Tempel.
  4. Pilih (sorot) semua teks berikut dengan hati-hati:
    C:\DeletePrintJobs.cmd
  5. Klik kanan teks yang dipilih, dan kemudian klik Salin.
  6. Pada Notepad, klikSimpan Sebagai pada menu File.
  7. Dalam kotak Nama File, klik kanan, kemudian klik Tempel.Catatan Perhatikan bahwa nama file ini besar kemungkinan berbeda dari nama-nama file lainnya yang Anda lihat. Hal itu terjadi karena file ini merupakan file skrip perintah.
  8. Klik Simpan.

Langkah 3: Jalankan file skrip perintah

Setelah Anda membuat file skrip perintah, Anda akan menjalankannya. Untuk menjalankannya, Anda akan menyalin dan menempel nama file skrip perintah di dalam kotak Jalankan.

  1. Pilih (sorot) semua teks berikut dengan hati-hati:
    C:\DeletePrintJobs.cmd
  2. Klik kanan teks yang dipilih, dan kemudian klik Salin.
  3. Klik Mulai menjalankan, dan kemudian klik Jalankan.
  4. Dalam kotak Buka, klik kanan, kemudian klik Tempel.
  5. Klik OK.
  6. Perhatikan bahwa jendela Command Prompt membuka untuk menjalankan file skrip perintah yang Anda buat. Perhatikan juga bahwa jendela ini secara otomatis menutup saat file skrip perintah telah selesai dijalankan. Jika Anda tidak melihat jendela Command Prompt membuka, periksa bahwa Anda telah menyimpan file skrip perintah dengan menggunakan nama yang benar dan bahwa Anda memasukkan file skrip perintah yang benar di kotak Jalankan.

Catatan Jika pada awalnya metode ini tidak berhasil, atau Anda sama sekali tidak dapat mencetak setelah menggunakan metode ini, restart komputer, dan coba ulangi lagi.

Jika metode ini berhasil, Anda telah selesai dengan artikel ini. Namun, bila Anda ingin membaca bagian “Tips pencegahan” untuk menghindari masalah ini di masa mendatang.

Apabila metode ini tidak berhasil, kami memohon maaf jika artikel ini tidak dapat membantu Anda.
sumber : microsoft