Menyimpan File data di Google Documents

google doc

Sudah sejak lama menggunakan google hanya tau pake gmail, translate, analytics, adwords maupun adsense. Ternyata ada fasilitas baru yang dikenal dengan Google Document. Google sendiri cukup banyak memberikan type file yang dapat disimpan, yaitu :

  1. Document dari type, Doc, docx, odt maupun txt
  2. Presentasi yang biasanya menggunakan Power Point dan format Open office
  3. Spreadsheet dari type xls, xlsx dsb
  4. Form merupakan type input data yang paling menarik karena dapat diaplikasikan pada website baik untuk sekedar buku tamu maupun sebagai input data secara online tanpa membutuhkan keahlian khusus dalam hal coding, namun tentunya dengan fitur yang masih minim tapi sudah bisa dikatakan cukup.
  5. Drawing mempunyai kesamaan seperti Paint pada windows.
  6. Table versi Beta merupakan bentuk penyimpanan file database sederhana yang dapat dihubungkan dengan aplikasi input dari website, karena masih dalam versi beta tentunya masi harus di ujicoba dengan fitur yang tentunya masih belum lengkap.

Selain dari fasilitas diatas kita juga dijatah space 1 Gb sebagai media penyimpan dari file yang kita buat dan masih ada fasilitas import dari document lokal kita ke server google.

panjang kalo dijelaskan semua dan bagi penulis yang terpenting bahwa data dapat diakses dan dicetak tanpa keterbatasan media, OS, waktu dan jarak dan tentunya juga secure, palagi bagi yang mobilitas tinggi terutama bagi temen-temen mahasiswa yang lagi menyelesaikan skripsi maupun tugas-tugas.

dan terakhir, selamat mencoba semoga bermanfaat

1 Reply on “Menyimpan File data di Google Documents